RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran :
Dasar Kecantikan Kulit
Kelas/ Semester :
X/I
Kompetensi Keahlian :
Kecantikan Kulit
Sub Kompetensi :
Perawatan Kulit Wajah Secara Manual
Kode Kompetensi :
Alokasi Waktu :
45 Menit x 3 Pertemuan
Pertemuan :
3x Pertemuan (Teori)
A.
KOMPETENSI DASAR
1. Menjelaskan
manfaat, tujuan dan jenis perawatan kulit wajah
2. Mendiagnosa
kulit wajah
3. Menguraikan
gerakan pengurutan wajah
4. Menguraikan
perawatan kulit wajah secara manual
B.
INDIKATOR
1. Menjelaskan
manfaat, tujuan dan jenis perawatan kulit wajah
·
Menjelasan
secara umum tentang konsep dasar perawatan kulit.
·
Menjelaskan
manfaat perawatan kulit wajah.
·
Menjelaskan
tujuan perawatan kulit wajah.
·
Menjelaskan
jenis perawatan kulit wajah (harian dan
berkala)
2. Mendiagnosa
kulit wajah
·
Menjelaskan pengertian diagnosa kulit
wajah
·
Menjelaskan tujuan diagnosa kulit wajah
·
Menjelaskan teknik diagnosa kulit wajah
yang meliputi: anamnase, inspeksi, dan palpasi untuk menegtahui kondisi kulit
dan kelainannya.
·
Menjelaskan jenis-jenis kulit
·
Menjelaskan kontra indikasi perawatan
kulit wajah
3. Menguraikan
gerakan pengurutan wajah
·
Menjelaskan tujuan dan manfaat
pengurutan wajah
·
Menjelaskan 5 gerakan pengurutan
·
Menjelaskan 5 gerakan dasar pengurutan
wajah yang dikembangkan menjadi 22 gerakan.
4. Menguraikan
perawatan kulit wajah secara manual
·
Mengetahui persiapan area kerja sebelum
melaksanakan perawatan kulit wajah secara manual.
·
Mengetahui alat, bahan dan kosmetik
sebelum melaksanakan perawatan kulit wajah secara manual.
·
Mengetahui pembersihan kulit wajah
sesuai SOP sebelum melaksanakan perawatan kulit wajah secara manual.
·
Mengetahui teknik perawatan kulit wajah
secara manual sesuai prosedur.
·
Mengetahui teknik pemupukan wajah.
·
Mengetahui teknik pengaplikasian
penyegar
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
menyelesaikan pembelajaran ini diharapkan :
a. Siswa
mampu menjelaskan manfaat, tujuan dan jenis perawatan kulit wajah dalam ranah
kognisi
b. Siswa
mampu menjelaskan teknik diagnosa kulit wajah dalam ranah afektif dan kognisi
c. Siswa
mampu menguraikan jenis-jenis kulit dalam ranah kognisi
d. Siswa
mampu menguraikan dan mengetahui manfaat gerakan pengurutan wajah dalam ranah
afektif dan kognisi
e. Siswa
mampu menguraikan perawatan kulit wajah secara manual dalam ranah kognisi
D.
MATERI AJAR
a. Manfaat,
tujuan dan jenis perawatan kulit wajah :
·
Konsep dasar perawatan kulit wajah
·
Manfaat perawatan kulit wajah
·
Tujuan perawatan kulit wajah
·
Jenis perawatan kulit wajah
E.
METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
dan diskusi
2. Tanya
jawab terhadap materi yang di sampaikan
3. Pemberian
tugas pada akhir pertemuan
F.
MODEL PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan
konsep dasar perawatan kulit wajah
2. Menjelaskan
jenis perawatan kulit wajah
3. Menjelaskan
manfaat perawatan kulit wajah
4.
Menjelaskan
tujuan perawatan kulit wajah
5. Menjelaskan
pengertian diagnosa kulit wajah
6. Menjelaskan
tujuan diagnosa kulit wajah
7. Menjelaskan
teknik diagnosa anamnase
8. Menjelaskan
teknik diagnosa Inspeksi
9. Menjelaskan
teknik diagnosa palpasi
10. Menjelaskan
jenis-jenis kulit
11. Menjelaskan
perawatan kulit wajah sesuai dengan jenis kulit
12. Menjelaskan
kontra indikasi perawatan kulit wajah
13. Menjelaskan
tujuan dan manfaat pengurutan wajah
14. Menjelaskan
5 gerakan dasar pengurutan
15. Menjelaskan
5 gerakan dasar pengurutan wajah yang dikembangkan menjadi 22 gerakan.
16. Menerapkan
5 gerakan dasar pengurutan wajah yang dikembangkan menjadi 22 gerakan pada
mannequin
17. Mengetahui
persiapan area kerja sebelum melaksanakan perawatan kulit wajah secara manual.
18. Mengetahui
persiapan pribadi sebagai beauticient yang siap dalam melaksanakan perawatan
terhadap client
a. Beautician
harus siap secara psikis dan fisik
b. Beautician
mengenakan tata rias wajah sederhana sehingga terlihat segar dan cerah
c. Rambut
beautician dijepit rapi dan dibungkus harnet/jilbab rapi
d. Kuku
beautician tidak boleh panjang, kuku tidak boleh mengenakan cat kuku
e. Beautician
tidak boleh memakai perhiasan, seperti: gelang, jam tangan, cincin
f. Beautician
mengenakan sepatu dengan tumit tidak lebih dari 5 cm
g. Beautician
menyiapkan dan merapikan area kerja, alat, lenan dan bahan/kosmetik
h. Beautician
mengemas alat, lenan dan bahan/kosmetik setelah melakukan praktik perawatan
kulit wajah
i.
Beautician memakai jas lab dan memakai
masker mulut
19. Mengetahui
komunikasi terhadap pelanggan. Beautician memiliki etika komunikasi dan sikap
kerja yang baik terhadap pelanggan (klien) pada saat melakukan perawatan kulit
wajah, serta memperhatikan keselamatan kerja untuk pelanggan (klien)
20. Mengetahui
persiapan client yang siap dalam melaksanakan perawatan terhadap client yang
meliputi :
a. Jenis
kulit wajah pelanggan (klien) harus sesuaikan dengan jenis perawatan kulit
wajah yang akan dilakukan
b. Pelanggan
(klien) memakai kamisol dengan kondisi bersih
c. Sepatu
pelanggan (klien) dirapikan di bawah facial bed
d. Kepala
pelanggan (klien) ditutup dengan hair bando dan handuk kecil, kemudian badan
ditutup selimut hingga dada, sedangkan bagian dada ditutup dengan handuk kecil.
e. Pelanggan
(klien) tidak boleh memakai perhiasan, seperti: gelang, jam tangan, cincin,
anting, kalung
21. Mengetahui
alat yang akan digunakan sebelum melaksanakan perawatan kulit wajah secara
manual.
22. Mengetahui
langkah atau cara mensterilkan alat sebelum melaksanakan perawatan kulit wajah
secara manual.
23. Mengtahui
bahan dan kosmetik sebelum melaksanakan perawatan kulit wajah secara manual
yang sesuai dengan kondisi kulit wajah client
24. Mengetahui
pembersihan kulit wajah sesuai SOP sebelum melaksanakan perawatan kulit wajah
secara manual dimulai dari pengolesan pembersih sampai dengan
25. Mengetahui
teknik perawatan kulit wajah secara manual sesuai prosedur.
26. Mengetahui
teknik pemupukan wajah.
27. Mengetahui
teknik pengaplikasian penyegar
G.
MEDIA
1. Gambar
pengurutan 22 gerakan pada wajah dalam pelajaran perawatan kulit wajah.
2. Power
point tentang perawatan kulit wajah
H.
ALAT DAN BAHAN
1. Mannequin
2. LCD
3. Laptop
tentang perawatan kulit wajah
4. Buku
ajar tentang perawatan kulit wajah
I.
SUMBER BELAJAR
1. Rostamailis,
dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut Jilid 2
untuk SMK. Jakarta Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan Nasional.
2. Hakim,
Nelly dkk. 1998. Tata Kecantikan Kulit
Tingkat Trampil. Jakarta. Meutia Cipta Sarana
3. Widya
Puji Astuti 2015. Perawatan dan Tata Rias Wajah. Semarang
J.
SKENARIO PEMBELAJRAN
1. Kegiatan
Awal
a. Guru
mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
b. Guru
melakukan persensi siswa
c. Guru
melakukan apersepsi tentang materi peerawatan kulit wajah.
d.
Mendiskusikan
dengan teman mengenai manfaat, tujuan dan jenis
perawatan kulit wajah.
2. Kegiatan
Inti
A. EKSPLORASI
a. Menjelaskan
konsep dasar perawatan kulit
b. Menjelaskan
manfaat perawatan kulit wajah untuk semua usia
c. Menjelaskan
tujuan perawaran kulit wajah
d. Menjelaskan
jenis perawatan kulit wajah
a. Perawatan
kulit wajah sehari-hari
b. Perawatan
kulit wajah secara berkala
e. Menjelaskan
pentingnya diagnosa kulit wajah sebelum melaksanakan perawatan kulit wajah
f. Menjelaskan
tujuan di laksanakannya diagnosa kulit wajah
g. Menjelaskan
teknik diagnosa kulit wajah yang meliputi
a. Teknik
anamnase
b. Teknik
inspeksi
c. Teknik
palpasi
h. Menjelaskan
jenis-jenis kulit wajah guna untuk menentukan kosmetik dan perawatan kulit
wajah
a. Jenis
kulit wajah normal
b. Jenis
kulit wajah kering
c. Jenis
kulit wajah berminyak
3. Kegiatan
Akhir
a. Guru
melakukan evaluasi tentang perawatan kulit wajah
b. Guru
melakukan tanya jawab tentang materi perawatan kulit wajah
c. Pemberian
tugas kepada siswa membuat makalah gerakan massage untuk perawatan kulit wajah
d. Siswa
membersihkan ruangan sesuai dengan jadwal piket
PERTEMUAN
KEDUA
1.
Kegiatan Awal
a. Guru
melakukan presensi siswa
b. Guru
melakukan apersepsi tentang materi perawatan kulit wajah
c. Guru
melakukn apersepsi tentang materi gerakan pengurutan pada perawatan kulit
wajah.
d. Mengumpulkan
tugas makalah gerakan massage untuk perawatan kulit wajah
e. Pemberian
modul 22 gerakan massage untuk perawatan kulit wajah
2.
Kegiatan Inti
a. Menjelaskan
tujuan pengurutan wajah
b. Menjelaskan
5 gerakan dasar pengurutan yaitu meliputi :
1. Efflurage
(mengusap)
2. Petrisage
(mencubit ringan)
3. Friction
(merotasi)
4. Vibratie
(menggetar)
5. Tapotage
(menepuk-nepuk)
c. Menjelaskan
disertai praktik dengan mannequin 22 gerakan massage untuk perawatan kulit
wajah.
3.
Kegiatan Akhir
1. Guru
melakukan evaluasi tentang tugas yang telah di kumpulkan.
2. Guru
melakukan tanya jawab tentang materi pengurutan wajah wajah
3. Pemberian
tugas kepada siswa membuat makalah perawatan kulit wajah secara manual meliput
alat, bahan, kosmetika, langkah perawatan kulit wajah secara berkelompok dengan
bersumber buku kecantikan kulit. Kelompok dibagi menjadi perawatan kulit wajah
secara manual jenis kulit normal, kering, dan berminyak
PERTEMUAN
KETIGA
1.
Kegiatan Awal
a. Guru
melakukan presensi siswa
b. Guru
melakukan apersepsi tentang materi perawatan kulit wajah
c. Mengumpulkan
tugas makalah dan power point perawatan kulit wajah secara manual (membuat
makalah seperti jobsheet) secara berkelompok dengan bersumber buku kecantikan
kulit.
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa
melakukan presentasi perawatan kulit wajah secara manual dengan jenis kulit
normal disertai guru melakukan penilaian.
b. Tanya
jawab dengan teman
c. Siswa
melakukan presentasi perawatan kulit wajah secara manual dengan jenis kulit
kering disertai guru melakukan penilaian.
d. Tanya
jawab dengan teman
e. Siswa
melakukan presentasi perawatan kulit wajah secara manual dengan jenis kulit
berminyak disertai guru melakukan penilaian.
f. Tanya
jawab dengan teman
3.
Kegiatan Akhir
a. Guru
melakukan evaluasi presentasi perawatan kulit wajah secara manual dengan
berbagai jenis kulit wajah.
b. Memberikan
soal kepada siswa tentag hal yang telah dipresentasikan
K.
PENILAIAN
a. Soal
1. Jelaskan
konsep dasar perawatan kulit wajah ! (5 poin)
2. Sebutkan
manfaat dan tujuan perawatan kulit wajah ! (10 poin)
3. Sebut
dan jelaskan jenis-jenis kulit serta ciri-cirinya ! (10 poin)
4. Sebut
dan jelaskan 3 teknik mendiagnosan kulit wajah ! (10 poin)
5. Sebut
dan jelaskan 5 dasar pengurutan wajah !
(5 poin)
6. Sebutkan
persiapan alat, bahan, lenan dan kosmetika yang diperlukan ! (25 poin)
7. Tentukan
kosmetika sesuai dengan jenis kulit dibawah ini (5 poin)
a. Jenis
kulit wajah normal
b. Jenis
kulit wajah kering
c. Jenis
kulit wajah berminyak
b. Jawaban
1. Pengertian
perawatan kulit wajah adalah proses perawatan kulit wajah yang dilakukan dengan
menggunakan kosmetik sesuai jenis kulit, melalui tahapan pembersihan
(cleansing), penyegaran (toning), dan pelembaban (moisterizing) untuk
mendapatkan kulit yang sehat.
2. Manfaat
dan tujuan perawatan kulit wajah :
1. Memperbaiki
kondisi kulit wajah dari keriput dan kerutan kecil
2. Menghaluskan
kulit wajah yang kasar menjadi halus karena sel tanduk yang sudah mati pada
kulit wajah terkelupas
3. Tidak
merusak fungsi kulit wajah
4. Mencegah
timbulnya kelainan-kelainan di kulit wajah seperti jerawat, komedo dan
pigmentasi
5. Melancarkan
peredaran darah dan getah bening pada wajah
6. Memperbaiki
jaringan otot dan sel-sel kulit wajah
7. Meningkatkan
kebersihan, kesehatan, kesegaran, dan kecantikan kulit wajah
8. Memperbaharui
dan merangsang kembali kegiatan sel kulit wajah
3. Jenis-jenis
kulit dan ciri-cirinya
a. Kulit
normal
Ciri-ciri kulit normal adalah kulit
lembut, lembab berembun, segar dan bercahaya, halus dan mulus, tanpa jerawat,
elastis, serta tidak terlihat minyak yang berlebihan juga tidak terlihat
kering. Kulit kering
b. Kulit
berminyak
Ciri-ciri kulit berminyak yaitu : minyak
di daerah T tampak berlebihan, tekstur kulit tebal dengan pori-pori besar
hingga mudah menyerap kotoran, mudah berjerawat, tampilan wajah berkilat,
riasan wajah seringkali tidak dapat melekat dengan baik dan cepat luntur serta
tidak mudah timbul kerutan.
c. Kulit
kering
Kulit kering memiliki ciri-ciri : kulit
halus tetapi mudah menjadi kasar, mudah merekah dan terlihat kusam karena
gangguan proses keratinisasi kulit ari, tidak terlihat minyak berlebihan di
daerah T yang disebabkan oleh berkurangnya sekresi kelenjar keringat dan
kelenjar palit atau kelenjar minyak. Ciri lainnya yaitu mudah timbul kerutan
yang disebabkan oleh menurunnya elastisitas kulit dan berkurangnya daya kerut
otot-otot, mudah timbul noda hitam, mudah bersisik, riasan yang dikenakan tidak
mudah luntur, reaktivitas dan kepekaan dinding pembuluh darah terhadap
rangsangan-rangsangan berkurang sehingga peredaran darah tidak sempurna dan
kulit akan tampak pucat, suram dan lelah.
4. Teknik
mendiagnosa kulit wajah
1. Anamnese, yaitu melakukan pertanyaan
kepada klien sebelum perawatan. Ruang lingkup pertanyaan mencakup nama, usia,
alamat, riwayat kesehatan dan jenis kosmetik yang digunakan.
2. Inspeksi, yaitu pengamatan pada saat
perawatan setelah pembersihan pertama, yang mencakup jenis dan kondisi kulit
hingga diketahui tindakan perawatan, pemilihan kosmetika dan pemilihan alat
yang sesuai dengan perawatan tersebut.
3. Palpasi, yaitu tindakan meraba-raba
kulit untuk mengetahui elastisitas dan turgor kulit.
5. 5
Gerakan dasar
a. Gerakan
efflurage
Effleurage (Strocking movement)
Effeurage yaitu pijatan ringan berupa gerakan urut mengusap
b. Gerakan
petrisage
Gerakan petrisage merupakan gerakan urut
meremas dengan menggunakan ujung jari dan telapak tangan untuk menjepit
beberapa bagian kulit.
c. Gerakan
friction
Gerakan friction merupakan gerakan urut
menggosok yang memberi tekanan pada kulit
d. Gerakan
tapotage
Tapotage merupakan gerakan berupa
ketukan dan tepukan yang berturut-turut, dilakukansecara ringan dan cepat,
dengan seluruh tangan atau dengan ujung jari
e. Vibratie
Vibrasi adalah gerakan urut menggetar
yang berfungsi untuk merangsang atau untuk menenangkan urat syaraf serta
menghilangkan kerut pada wajah. Pada pijatan ini gunakan ujung jari dan telapak
tangan untuk menggetarkan kulit secara bergantian.
6. Persiapan
Alat, Lenan, Kosmetika
A.
Alat-
alat yang perlu dipersiapkan
NO
|
NAMA ALAT
|
SPESIFIKASI
|
KEGUNAAN
|
JUMLAH
|
1.
|
Kapas/ tissue
|
Putih, bersih
|
Membersihkan kelopak mata,alis,bibir
|
10 buah
|
2.
|
Kuas masker
|
Sikat bulu halu
|
Mengoleskan masker
|
1 batang
|
3.
|
Mangkok masker
|
Plastic
|
Tempat mengaduk masker
|
1 buah
|
4.
|
Waaskom air
|
Plastic/melamin, diameter 10 cm
|
merendaman waslap
|
1 buah
|
5.
|
Sendok Una
|
Stainless steel
|
Mengangkat komedo dan jerawat
|
1 buah
|
6.
|
Facial bed
|
berbusa
|
Tempat berbaring klien
|
1 buah
|
7.
|
Pinset
|
Stainless steel
|
Mencabut alis
|
1 buah
|
8.
|
Cawan kosmetik
|
plastik
|
Meletakkan kosmetik
|
1 buah
|
9.
|
Tempat sampah
|
Plastic,dengan tutup otomatis
|
Membuang sampah
|
1 buah
|
10.
|
Trolley
|
Alumunium, kaca
|
Meletakkan alat,bahan, kosmetik
|
1 buah
|
11.
|
Box sterilizer
|
Stainless,kaca
|
Mensterilkan peralatan
|
1 buah
|
B.
Bahan
Yaang Perlu Disiapkan
NO
|
NAMA BAHAN
|
SPESIFIKASI
|
KEGUNAAN
|
JUMLAH
|
1.
|
Handuk putih
|
Katun lembut,persegi panjang
|
Membungkus rambut clien, menutup dada
|
5 buah
|
2.
|
Hair Bando
|
Katun,terdapat perekat
|
Membatasi hairline dahi
|
1 buah
|
3.
|
Kamisol
|
Katun,lentur
|
Menutup bagian dada hingga kaki clien
|
1 buah
|
4.
|
Cape penutup kepala
|
Katun,putih, berkaret
|
Menutup rambut klien
|
1 buah
|
5.
|
Wash lap
|
Katun lembut, sepergelangan tangan
|
Mengusap wajah klien
|
1 buah
|
6.
|
Sprey
|
Bewarna putih
|
Membungkus facial bed
|
1 buah
|
7.
|
Selimut
|
Warna putih
|
Menyelimuti tubuh klien
|
1 buah
|
C.
Kosmetik
yang perlu dipersiapkan
No.
|
Nama Kosmetik
|
Spesifikasi
|
Kegunaan
|
Jumlah
|
1.
|
Pembersih
|
Sesuai jenis kulit
|
Membersihkan kotoran, dan debu pada wajah
|
secukupnya
|
2.
|
Penyegar
|
Sesuai jenis kulit
|
Menutup pori dan pemupukan
|
secukupnya
|
3.
|
Eye make up remover
|
Cair
|
Membersihkan mkeup mata dan bibir
|
secukupnya
|
4.
|
Sabun wajah
|
Pasta
|
Membersihkan secara mendalam
|
secukupnya
|
4.
|
Peeling cream
|
Scrub halus
|
Mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan wajah
|
secukupnya
|
5.
|
Massage cream
|
Cream lembut ,licin
|
Memudahkan saat massage agar licin
|
secukupnya
|
6.
|
Masker
|
bubuk
|
Mengencangkan kulit wajah
|
secukupnya
|
7.
|
Alcohol 70&
|
desinfektan
|
Mensterilkan alat
|
secukupnya
|
8.
|
Air mawar
|
cair
|
Mengencerkan masker
|
secukupnya
|
9.
|
Pelembab
|
cream
|
Melembabkan wajah
|
secukupnya
|
7. Pemilihan
kosmetika
a. Jenis
kulit normal
Dapat memakai kosmetika berbahan dasar
bengkoang
b. Jenis
kulit kering
Dapat memakai kosmetik berbahan dasar
bunga mawar
c. Jenis
kulit berminyak
Dapat memakai kosmetik erbahan dasar jeruk atau
lemon, mentimun.
Penilaian
Total Nilai : 100 jika
soal terjawab dengan tepat
Semarang,
2016
Mengesahkan
Wakasek 1 Guru
mata pelajaran
.................................. ....................................
NIP.................................... NIP.......................................
Mengetahui
Kepala
Sekolah
............................................
NIP......................................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN : DASAR
KECANTIKAN KULIT
KELAS
:
X/1
KOMPETENSI
KEAHLIAN : KECANTIKAN KULIT
SUB KOMPETENSI : PERAWATAN KULIT WAJAH SECARA MANUAL
TAHUN
PELAJARAN : 2015/2016
DINAS
PENDIDIKAN KOTA SEMARANG
SMK
NEGERI 6 SEMARANG
TAHUN
2015
Komentar
Posting Komentar